Thursday, June 6, 2013

Contoh Pertama Program USB Simple I/O input output via usb tanpa usb to serial menggunkan Pascal (Delphi)


contoh1
Contoh pertama program dalam bahasa Pascal. Kalo anda bertanya,”Lho kok Pascal?”. Karena pertama belajar bahasa Pascal :) . Jangan kawatir nanti ada contoh dalam bahasa lainnya. VB juga ada lho :)
Kok programnya sederhana gitu??!!

Ya, memang sederhana. Yang susah-susah sudah dikerjakan oleh libusb dan yg agak susah sudah saya rangkum dalam kelas ‘SimpleIO’ yang berisi fungsi-fungsi siap digunakan. Dalam program di atas fungsi ‘USBOpen’ mencoba membuka hubungan dengan hardware USB Simple IO. Kalo berhasil maka akan mengembalikan Handle USB. Tak usah berpikir akan menjadi sulit, kok belum-belum ada istilah ‘Handle’. Jangan-jangan nanti jadi pemrograman API windows!
jawabannya; tidak akan sulit. Anggap saja Handle itu seperti handle koper. Jika kita akan menganggkat koper tentu yang kita pegang adalah Handle-nya. Sama, kalo USB Simple IO terdeteksi oleh windows maka kalo kita buka akan diberikan Handle-nya sama windows, tapi jika tidak terdeteksi maka windows akan mengembalikan ‘nil’.

USBOpen( index: Integer; vid: Integer; pid: Integer)memiliki 3 parameter yaitu; index, vid, pid. Dalam contoh index =0, vid=-1 dan pid=-1, yang artinya:
index=0 -> nol artinya; USB Simple IO yg pertama ketemu yang di angkat handle-nya
vid=-1 -> minus satu artinya; vid-nya tidak ditentukan. seketemunya vid saja
pid=-1 -> minus satu artinya; pid-nya tidak ditentukan. seketemunya pid saja
dari penjelasan di atas ‘USBOpen( 0,-1,-1)’ artinya device USB apa saja yang menggunakan driver libusb yg pertama ditemukan windows dalam PC diangkat handle-nya, tidak perduli vid-nya berapa dan pid-nya berapa.
Contoh Pertama ini memberitahu betapa mudahnya membuat program interface melalui USB. Contoh-contoh yang berikutnya akan lebih mudah lagi. Anda tinggal memangil fungsi-fungsi dalam file atau class yang saya sediakan.
Program lengkap contoh pertama dapat di download di sini

Jika membutuhkan modul tersebut bisa menghubungi CP di bawah ini :


HARGA RP  300.000,00  SMS / CALL / Whatsapp 085743320570 (taufik adi sanjaya)

atau email taufiksanjaya@yahoo.com   
 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Pertama Program USB Simple I/O input output via usb tanpa usb to serial menggunkan Pascal (Delphi)

0 comments:

Post a Comment